Batas cetak LIP/Billing TTM-Atpem Prog. Pendas Masa 2015.2 sampai dg Tgl. 12 Sept' 2015 dan batas bayar sampai Tgl. 16 Sept' 2015

Blogger news

Jumat, 12 Juni 2015

UPBJJ-UT Pangkalpinang Mengadakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Jurnalistik bagi Mahasiswa Bidikmisi


Pangkalpinang – Mahasiswa  Bidikmisi sejumlah 65 orang mengikuti  Kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Dasar dasar Jurnalistik di Ruang Tutorial  Lt.2 UPBJJ-UT Pangkalpinang Komplek Perkantoran Gubernur Air Itam Pangkalpinang pada hari Senin, 8 Juni 2015.

Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Dasar dasar  Jurnilistik ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan bakat serta menciptakan budaya akademik khususnya bagi mahasiswa Bidikmisi. Sebagai  narasumber pelatihan penulisan karya ilmiah ini adalah Dr. Ibrahim, M.Si Dekan FISIP Universitas Bangka Belitung, Pangkalpinang. Sementara untuk narasumber pelatihan dasar – dasar jurnalistik adalah Sri Sugiyarti, M.Pd, Redaktur Opini Harian Bangka Pos.
Pelatihan ini dibuka Kepala UPBJJ-UT Pangkalpinang dalam hal ini diwakili oleh  Kasubbag Tata Usaha UPBJJ-UT Pangkalpinang, Agus Saeful Mujab, SE. Pada kesempatan ini, Agus Saeful Mujab dalam sambutannya mengatakan bahwa mahasiswa  itu harus berkomitmen dalam membangun budaya akademik. Salah satu ciri budaya akademik yaitu boleh salah, tidak boleh berbohong. “Menulis karya ilmiah boleh salah dan harus terus berusaha  untuk benar. Dan yang terpenting data tidak boleh bohong,” ujar Agus. Ditambahkan oleh Agus, bahwa mahasiswa itu calon pemimpin dimasa yang akan datang. Oleh karena itu mahasiswa sebagai calon pemimpin harus mempunyai 4 (empat) K, yaitu Karakter, Kompentensi, Komunikasi dan Keberanian. 

Menulis Mengasah Ketajaman Otak dan Kepekaan Sosial

Ada pepatah yang mengatakan, “Verba Valen, Scripta Manen” yang artinya perkataan itu akan hilang, sementara tulisan akan abadi. “Dengan menulis kita akan dikenang selamanya-lamanya karena tulisan akan terus membekas dan akan dibaca oleh generasi berikutnya,” ungkap Ibrahim alumni S3 UGM ini. Sejalan dengan pepatah tadi,   



Dekan FISIP UBB ini juga menjelaskan mengenai  bagaimana pentingnya tulisan. “Gara-gara tulisan, saya bisa menjelajah kemana-mana. Dari tulisan, hal yang paling kecil bisa menghasilkan sesuatu yang sifatnya besar,” ungkap Pria Kelahiran Sungai Selan ini.  Dijelaskan juga oleh Ibrahim, banyak hal yang bisa kita dapat dengan menulis, antara lain menulis bisa mengasah ketajaman otak,  karena menurutnya,  jika kita akan menulis sesuatu, pasti kita akan mencari bahan untuk ditulis, sehingga pengetahuan kita akan bertambah. Menulis juga akan menambah kepekaan sosial terhadap lingkungan sekitar kita. Pada pelatihan ini, Dr. Ibrahim , M.Si  juga membagi ilmunya mengenai  teknik menulis karya ilmiah yang benar. Walaupun  hanya mengulas teknik dasar penulisan karya ilmiah saja, tetapi pelatihan ini cukup memberikan gambaran bagi para mahasiswa yang akan membuat karya ilmiah pada akhir masa perkuliahan nanti.

Pelatihan Jurnalistik

Tidak hanya mendapatkan ilmu tentang penulisan karya ilmiah yang benar, tapi pada pelatihan ini para mahasiswa bidikmisi juga diberikan pelatihan jurnalistik. Pembicara pada sesi kedua pelatihan ini adalah Sri Sugiyarti, M.Pd. Wanita kelahiran Sleman 42 tahun lalu ini menyampaikan berbagai macam teknik penulisan berita. Mulai dari straight news, opinion news, interpretative news, depth news, investigative news dan soft news. Tidak hanya itu, beliau juga memberikan contoh real bagaimana bentuk-bentuk berita tersebut disajikan di surat kabar. Setelah mahasiswa mendapat banyak bekal mengenai teknik penulisan berita, mahasiswa diajak untuk berkunjung ke kantor Harian Bangka Pos yang terletak di Jln. KH. Abdurrahman Sidik Pangkalpinang. Disini mahasiswa dapat melihat langsung proses tulisan menjadi sebuah berita yang biasa kita lihat di koran setiap hari.

Kepala UPBJJ-UT Pangkalpinang, Syarif Fadillah dalam sambutan penutup acara Pelatihan Penulisan Karya Ilimiah dan Dasar-Dasar Jurnalistik menyatakan kegiatan ini sebagai bekal pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa “ Mahasiswa UT jangan hanya memiliki bekal teori saja, kegiatan ini juga sebagai bekal persiapan mereka menghadapi dunia kerja, dengan melihat langsung begini minimal mereka sudah memiliki gambaran dunia kerja itu seperti apa”  papar  Syarif alumni Pascasarjasa Administasi Niaga UI ini.  Diharapkan, ujar Syarif  dengan adanya kunjungan ini, mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat menulis, bertambah mantap untuk menapakkan jejak di dunia jurnalistik. (dwipuji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

SALUT

Latihan Mandiri (LM)

Moocs

KOMUNIKA

Newsletter UT

SRO-UT

BIPA-UT