Batas cetak LIP/Billing TTM-Atpem Prog. Pendas Masa 2015.2 sampai dg Tgl. 12 Sept' 2015 dan batas bayar sampai Tgl. 16 Sept' 2015

Blogger news

Jumat, 18 Juli 2014

Peranan Universitas Terbuka Dalam Mendukung Program Peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) di Bangka Belitung Melalui Layanan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menargetkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Nasional pada 2014-2015 sebesar 30 persen. Ini mengandung makna bahwa 30% dari penduduk Indonesia yang berusia 19 – 23 tahun harus mengikuti pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi. Sedangkan APK putera-puteri Bangka Belitung yang mengenyam pendidikan di bangku perguruan tinggi (PT), menurut data terakhir Kementerian Pendidikan tahun 2012/2013, hanya sekitar 8,34 %. Angka ini pada  periode 2013/2014 sedikit meningkat menjadi 9 %,  namun masih jauh di bawah target APK nasional yang telah ditetapkan.
Universitas Terbuka (UT) melaui UPBJJ-UT Pangkalpinang, yang merupakan salah satu penyelenggara pendidikan tinggi di Provinsi Bangka Belitung, mencoba untuk ikut berperanan dalam meningkatkan APK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui sistem belajar yang sifatnya terbuka dan jarak jauh (open and distance learning). Pembelajaran dengan metode Terbuka dan Jarak Jauh atau biasa disingkat dengan PTJJ adalah metode pembelajaran dengan menggunakan seperangkat media yang memungkinkan terjadi interaksi antara pengajar dan pembelajar.
Dalam PTJJ antara pengajar dan pembelajar tidak bertatap muka secara langsung. Dengan kata lain, melalui PTJJ dimungkinkan antara pengajar dan pembelajar berada pada tempat yang berbeda bahkan bisa dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh. Dengan demikian, metode PTJJ sangat memudahkan proses pembelajaran (sumber : wikipedia.org). Konsep ini dirasakan sangat cocok dengan kondisi geografis Bangka Belitung yang terdiri dari ratusan pulau dan beberapa diantaranya adalah pulau-pulau kecil. Melalui pembelajaran mandiri jarak jauh pembelajar tidak harus datang ke pusat pembelajaran, sehingga walaupun mereka tinggal di pelosok pelosok kecamatan namun tetap dapat menikmati layanan pendidikan tinggi.

Saat ini Universitas Terbuka melaui UPBJJ-UT Pangkalpinang sudah menjangkau seluruh kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Kepulauan BABEL melalui titik-titik pembelajaran. Dengan jumlah mahasiswa yang mencapai 6.130 orang (Data Tahun 2014), kami akan terus berupaya untuk memberikan layanan sampai ke pelosok dimana hal tersebut sulit untuk dijangkau oleh perguruan tinggi conventional (perguruan tinggi dengan metode pembelajaran tatap muka). Dengan demikian, seiring dengan meluasnya jangkauan UT dalam melayani pelosok-pelosok yang ada di BABEL diharapkan target APK baik daerah maupun nasional dapat dicapai dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Oleh : Agus Setiawan & Syarif Fadillah
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

SALUT

Latihan Mandiri (LM)

Moocs

KOMUNIKA

Newsletter UT

SRO-UT

BIPA-UT