Batas cetak LIP/Billing TTM-Atpem Prog. Pendas Masa 2015.2 sampai dg Tgl. 12 Sept' 2015 dan batas bayar sampai Tgl. 16 Sept' 2015

Blogger news

Rabu, 15 Januari 2014

Cara Aktivasi Account/Pengguna Registrasi Online Program Non Pendas

Sistem registrasi matakuliah dilakukan oleh mahasiswa pada saat dibukanya masa registrasi sesuai dengan Kalender Akademik yang telah ditentukan untuk tiap-tiap tahunnya.  Biasanya mahasiswa melakukan proses Registrasi atau pembuatan Lembar Informasi Pembayaran (LIP) registrasi Matakuliah atau sering disebut dengan Lembar Billing dengan mendaftar melalui Kelompok Belajar (Pokjar) maupun dengan cara datang langsung ke Kantor UPBJJ-UT. 

Mengingat mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang tersebar diseluruh pelosok dan dengan jarak yang cukup jauh dari Kantor UPBJJ-UT (di Ibukota Provinsi), maka hal ini UT menyediakan layanan sistem pembuatan Lembar Billing Registrasi atau LIP secara ONLINE menggunakan fasilitas Internet yang sudah tersedia hampir diseluruh pelosok Tanah Air.

Sama seperti cakupan UPBJJ-UT Pangkalpinang di wilayah Provinsi Kep. Bangka Belitung yang tersebar menjadi 7 Kabupaten/Kota, dimana terpisahkan oleh 2 pulau yaitu P. Bangka dan P. Belitung. Dan dengan adanya Sistem Registrasi Online (SRO) via Web Internet ini diharapkan para mahasiswa yang jangkauannya jauh dapat dengan mudah untuk meregistrasi Matakuliah dengan cepat dan tidak terjadi keterlambatan sesuai dengan batas waktu registrasi per Masa.

Namun sebelum melakukan proses Registrasi secara Online mahasiswa wajib melakukan Aktivasi/Pendaftaran Pengguna (Account) sesuai dengan NIM masing-masing. Dan berikut merupakan langkah untuk melakukan proses Aktivasi SRO:

  • Buka dengan Browser/Penjelajah internet dan ketik alamat Website Sistem Registrasi Online (SRO) di: http://sro.ut.ac.id (Lihat Gambar).
  • Selanjutnya klik tulisan Klik disini (kolom ke-3 dari kiri) pilihan khusus bagi mahasiswa lama, maka akan muncul halaman kotak isian data Aktivasi berupa NIM, Tgl. Lahir, Alamat Email, dan Kode Verifikasi, kemudian silahkan Anda isi sesuai data masing-masing (Lihat Gambar).
  • Klik tombil "AKTIVASI", maka selanjutnya akan muncul informasi aktivasi berhasil dan pengecekan Email (Lihat Gambar).

  • Silahkan Anda cek Email dengan  SIGN-IN dengan alamat Email yang digunakan dalam Aktivasi SRO untuk melihat balasan dari  Pusat. Misal Email GMAIL.COM (Lihat Gambar)
  •  Pilih dan klik Email dari Sistem Registrasi Universitas Terbuka, maka Anda akan mengetahui Alamat Email, NIM, dan Password yang akan digunakan untuk Login/Masuk pada web SRO (Lihat Gambar).
  • Kemudian silahkan Anda coba Login/Masuk dengan isi data NIM, Password, dan Kode Verifikasi melalui alamat web http://sro.ut.ac.id/nonpendas/user/home/login. Pilih dan klik tombol "LOGIN" untuk proses masuk pada Web Registrasi Online (Lihat Gambar).
  • Apabila data yang Anda isi benar/sesuai maka Anda akan masuk pada Beranda Registrasi Online, dimana Anda dapat melihat Menu mulai dari Dashboard, Registrasi Matakuliah, sampai dengan Account Saya (Lihat Gambar).
  • Sampai disini, berarti Anda telah berhasil melakukan Aktivasi SRO (Sistem Registrsi Online) dan proses ini cukup dilakukan sekali bagi Mahasiswa Non Pendas UT. Jangan lupa klik tulisan Logout apabila Anda tidak akan menggunakan atau akan keluar web SRO, sehingga tidak akan disalah gunakan oleh orang lain.

Proses cukup panjang, akan tetapi cukup mudah kan..? Silahkan mencoba dan rasakan manfaatnya..
Salam Super!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

SALUT

Latihan Mandiri (LM)

Moocs

KOMUNIKA

Newsletter UT

SRO-UT

BIPA-UT